Ashley Cole Resmi Pensiun

By ommed


nusakini.com - Mantan pemain Arsenal dan Chelsea, Ashley Cole, resmi gantung sepatu di usia 38 tahun. Ia memilih pensiun setelah 20 tahun menjalani karier sebagai salah satu bek kiri terbaik dunia.

Cole merupakan pemain Inggris yang matang bersama Arsenal arahan Arsene Wenger. Ia sempat kesal dilepas ke Chelsea karena masalah tuntutan gaji, namun kariernya malah lebih gemilang di Stamford Bridge.

Sempat mencicipi karier di Serie A bersama AS Roma, Cole, kemudian memutuskan berkarier di MLS bersama LA Galaxy dan menutup kariernya di Derby County.

"Setelah mempertimbangkan dengan keputusan berat, kini saatnya menggantung sepatu dan melangkah ke babak berikutnya, yang saya harap terjun sebagai pelatih," kata Cole seperti dikutip Sky Sports.

Cole mengenang debutnya bersama Arsenal di Piala Liga melawan Middlesbrough pada November 2009 yang berjalan fantastis.

"itu luar biasa. Sebagai pemain muda, saya tak pernah berharap memainkan satu pertandingan dan menjadi profesional. Mengenang bisa tampil di Piala Dunia, final Liga Champions, cukup beruntung bisa mengangkat gelar Premier League yang jadi impian para pemain muda."

"Saya telah mencapai impian saya dan sekarang saatnya menatap masa depan. Semoga bisa menjadi pelatih hebat," tutur Cole.

Bersama Arsenal, Cole sudah mencicipi tujuh gelar termasuk dua gelar Liga Inggris dan tiga trofi Piala FA. Koleksi trofinya bertambah lengkap di Chelsea dengan memenangi Liga Champions 2011/2012 dan Liga Europa 2012/2013.

Ia juga tercatat sebagai bek sayap dengan caps terbanyak untuk timnas Inggris. Cole yang 13 tahun mengenakan seragam The Three Lions tercatat sudah melakoni total 107 penampilan. (cnn/om)